Tips dan Umpan Mancing Ikan Mujair



Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan nila yang bisa di jumpai di Indonesia. Penyebaran alami ikan nila di perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan dan di kenalkan oleh Pak Mujair. Pak mujair menemukan ikan ini di muara Sungai Serang di pantai selatan kota Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Ikan tersebut lalu di kenal dengan nama ikan Mujair untuk mengenang nama beliau.
sumber gambar : id.wikipedia.org

Nama ilmiah dari ikan mujair adalah Oreochromis mossambicus, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Mozambique tilapia, terkadang juga di sebut dengan nama "Java tilapia".

Walau ditemukanya di kawasan muara, saat ini ikan mujair lebih  mudah ditemui di sungai, rawa maupun danau. Maka dari itu ikan mujair lebih efektif di kawasan danau, rawa atau sungai dengan arus yang tidak terlalu deras. Ikan mujair memang memiliki toleransi sangat tinggi terhadap kadar garam.

Mancing ikan mujair dapat menggunakan umpan sawi, kangkung atau lumut. Ikan mujair cenderung lebih kecil di banding ikan nila pada umumnya, maka dari itu jenis lumut yang cocok adalah lumut dengan tekstur halus. Lumut batu juga sangat cocok untuk mancing ikan mujair. Lumut batu biasanya tumbuh di sungai berbatu di pegunungan. Lumut batu memiliki warna hijau dan tekstur yang sangat halus.

Anda bisa menambahkan garam sebelumumpan digunakan agar tekstur lumut yang digunakan sebagai umpan menjadi halus. jika anda menggunakan sayuran, pilihlah yang daunya masih muda/ ujung daun.

Selain lumut dan sayuran, cacing serta beberapa jenis ulat seperti ulat padi dan ulat daun pisang juga dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan mujair. Jangkrik juga cukup killer untuk ikan mujair berukuran besar.

Ikan mujair biasa hidup bergerombol dan di pagi atau sore hari sering terlihat mengambang. Jika spot mancing ada didekat rumah anda, coba sebarkan lumut selama minimal tiga hari pada spot yang akan anda pancingi, istilahnya daden. Makan ikan akan berkumpul dititik spot tersebut dan ketika di pancing umumnya lebih mudah.

Mancing ikan mujair dapat menggunakan teknik glosoran / dasaran dan bisa juga menggunakan pelampung/ gambang. Yang perlu diingat ikan mujair merupakan ikan pemalu. Jadi ketika memancing ikan mujair gunakan joran tegek yang panjangnya lebih dari tiga meter atau gunakan spining reel. Selain itu jangan berisik atau tetap tenang ketika mancing ikan mujair.



Ikan mujair dapat di pancing ketika malam maupun siang hari. Suhu air sangat mempengaruhi nafsu makan ikan mujair. Jika suhu dingin, nafsu makan ikan mujair akan berkurang. Jadi cek suhu air spot memancing lebih dahulu. Jika suhu air dingin maka dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mancing ikan mujair.

Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Mujair di akses pada tanggal 19/12/2016

0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Ikan Mujair"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *