Tips Memancing Ikan Belanak



Ikan belanak merupakan ikan laut yang berhabitat di laut tropis dan laut sub tropis. Ikan ini juga dapat hidup di air payau. Pada umumnya ikan ini digunakan sebagai umpan memancing. Tetapi di  Jogja ikan ini merupakan salah satu target utama para pemancing muara.

memancing belanak umpan lumut
mancing belanak
Ikan dengan nama latin Moolgarda seheli tidak mudah untuk dipancing. Banyak tehnik yang digunakan untuk memancing belanak, dan setiap pemancing mempunyai tehnik andalan masing masing. Bukan hanya tehnik saja, para pemancing juga mempunyai resep umpan masing masing.

Pertama tama saya akan membahas tehnik mancing belanak yang menggunakan lumut sebagai umpan. Ada dua alat utama yang digunakan  dalam tehnik ini. Pertama tegek besar dan kuat dengan panjang 7 hingga 10 m yang digunakan sebagai penyangga bom.

Oh iya, yang dimaksud dengan bom di sini bukan bom yang meledak, tetapi umpan yang digunakan agar ikan berkumpul. Cara membuat bom nya bisa di lihat Cara Membuat Bom Spesial Ikan Belanak. Alat pancing yang kedua adalah kedua tegek dengan panjang 6-9 m yang digunakan untuk memancing. 

yang pertama anda harus lakukan adalah memilih spot memancing ikan belanak yang tepat. carilah spot dengan air yang dalam dan arus tenang. Disitulah biasanya ikan belanak akan berkumpul dan bersantai di siang hari.

Lalu pasang bom ikan belanak di sana.  Setengah kilogram Bom di bentuk bulat dan di dalamnya diberi pemberat 50 gram. Pasang bom diujung joran penyangga bom. Atur posisi bom 0.5 -1 m di bawah permukaan air.Agar bom tidak mudah lepas, jangan lupa beri penahan di dalam gumpalan bom tersebut, anda bisa menggunakan botol bekas yang dibelah, tutup toples bekas atau yang lainya. yang terpenting dapat menahan bom belanak sehingga tidak mudah lepas.

Sebaiknya pasang bom sekitar jam 6 pagi. Karena ikan belanak aktif pada siang hari dan ketika panas sinar matahari mulai menyengat. Tunggu beberapa saat hingga ikan  berkumpul. Tanda dari ikan berkumpul adalah bom akan bergoyang atau berputar putar. o iya, usahakan memancing ikan belanak dengan umpan lumut ini saat kondisi air jernih.

Setelah ikan berkumpul, anda dapat memancingnya menggunakan lumut. Lumut yang cocok untuk ikan belanak adalah lumut halus atau lumut batu. Jika and kesulitan mencari lumut halus, anda dapat menggunakan lumut kasar yang diberi garam. Jika anda menggunakan lumut batu, sebaiknya diamkan lumut semalaman namun jangan sampai busuk. sehingga lumut akan mengeluarkan aroma wangi yang dapat menggugah selera makan ikan belanak.

Untuk memasang lumut, gunakan rangkaian pancing susun dua atau tiga. Rangkaian mata kail susun ini akan memudahkan kita dalam memasang lumut. Gunakan senar atau kenur pancing dengan ukuran 0.18  sampai dengan 0.22 mm dengan pelampung berukuran kecil. gar mudah dalam melempar umpan, jangan lupa gunakan timah lipat.
Selamat memancing belanak. :D

Untuk mancing ikan belanak dengan teknik dasaran silahkan klik mancing Ikan Belanak dengan Teknik Dasaran

0 Response to "Tips Memancing Ikan Belanak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *