10 Umpan bawal Alami Ampuh


umpan ikan bawal maskot besar monster ampuh
ikan bawal
Bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar favorit pemancing. Dalam Post ini akan dijabarkan beberapa macam umpan alami ikan bawal yang dapat dibilang jitu. Walaupun alami dan sangat sederhana, umpan berikut ini sudah terbukti dan ampuh untuk memancing ikan bawal besar maskot.

1. Ikan Sapu Sapu

Daging ikan sapu sapu memang sangat killer untuk memancing ikan bawal besar. Umpan ikan bawal satu ini sudah terbukti dan menjadi andalan para pemancing kolam maupun sungai. Daging ikan sapu sapu akan lebih killer jika di rendam telur ikan sapu sapu sebelum di pakai.

2. Orong-orong

Orong-orong bisa menjadi alternatif umpan alami yang ampuh. Orong-orong bisa kita cari di sekitar kandang sapi. Umpan satu ini memang sulit dicari dan jarang ada yang jual.


3. Enthung atau Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang atau sering disebut Enthung merupakan ulat berwarna putih sebesar jari orang dewasa yang biasa hidup di daun pisang. Biasanya daun yang di tinggali ulat ini akan menggulung.

4. Bekicot ada Keong

Bekicot atau keong sudah tidak diragukan lagi. Dari dulu sampai sekarang bekicot banyak digunakan pemancing untuk umpan bawal. Cara menggunakanya alah dengan memecah cangkang dan meotongnya kecil kecil sesuai dengan ukuran kail.

5. Cacing

Siapa yang tidak tahu cacing? Cacing merupakan umpan jitu bagi hampir semua jenis ikan air tawar. Untuk memancing ikan bawal dengan umpan cacing diperlukan trik khusus agar ampuh. Yaitu rendam cacing dengan kuning telur Bee sebelum digunakan. Jenis cacing yang digunakan pun sebaiknya jenis cacing Unthel.  Selanjutnya pasang cacing secara utuh, jangan di potong potong.

6. Yuyu / Kepiting Sungai

Yuyu atau kepiting sungai juga menjadi umpan andalan pemancing bawal. Umpan ini cocok untuk memancing bawal di sungai, kolam, empang, rawa maupun danau. Yuyu yang baik adalah Yuyu gembur, yaitu Yuyu yang sedang ganti cangkang sehingga tubuhnya lunak.

7. Belalang

Umpan belalang sangat cocok untuk ikan bal yang relatif berada d ipermukaan air.

8. Belut

Mungkin umpan ini jarang digunakan tetapi umpan ini bisa dibilang ampuh, terutama untuk bawal berukuran besar. cara memakai umpan ini adalah dengan memotong kecil kecil seukuran kail dan membakarnya setengah maag sebelum dipakai.


9. Ulat Hongkong

Ulat jongkong merupakan jenis umpan bawal yang sering digunakan pemancing. Umpan ini sangat ampuh jika dipadukan dengan ulat Jerman. Ulat Jerman dijadikan bom untuk mengumpulkan ikan bawal, dan ulat jongkong dijadikan sebagai umpan.

10. Hati Ayam


Mungkin umpan ini juga jarang anda dengar tetapi umpan ini patut anda coba. Umpan ini cukup ampuh untuk memancing ikan bawal segala ukuran

0 Response to "10 Umpan bawal Alami Ampuh"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *