Ini dia MAnfaat Buah Ciplukan

Buah satu ini sedang naik daun, yakni buah Ciplukan. Buah dengan nama kerenya Goldberry ini hits karena mulai dijual di supermarket. Sampai ratusan ribu perkilogramnya.

Siapa sangka, buah ciplukan yang tumbuh liar ternyata memiliki nilai jual tinggi, bukan hanya itu saja maanfaat buah ciplukan juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat.
Banyak orang mengira, ceplukan atau ciplukan merupakan buah asli Indonesia, namun sebenarnya buah dengan rasa asam-manis ini berasal dari Amerika Selatan.

Bermula ketika zaman penjajahan di abad ke 17, orang orang spanyaol yang datang ke Indonesia, kala itu di Maluku, membawa buah Ciplukan.

Dan akhirmya tnaman ceplukan pun cepat menyebar ke seluruh penjuru Indonesia hingga kini.

Di  Jakarta buah ciplukan di kenal sebagai sebagai cecenet sedangkan di Lombok, rang menyeutnya dededes. Orang sumatera menyebutnya leletop.


Nah ternyata nih, buah ciplukan memiliki banyak khasiat. Bukan hanya buahnya saja namun dari akar hingga daunya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Lalu apa saja manfaat dari tumbuhan Ciplukan? Yuk kita bahas satu persatu.

Diabetes mellitus

Ternyata tanaman ciplukan dapat digunakan untuuk obat herbal penyakit gula atau diabetes militus.
 kail.bayu
Yang digunakan untuk obat herbal yakni tanamnya, yakni dengan cara di layukan lalu direbus. Nah air rebusan inilah yang dimanfaatkan sebagai obat diabetes.

Ayan

Dengan mengkonsumsi buah yang juga dikenal dengan nama keceplokan di bali atau cecenet di Jakarta ini secara rutin, akan membantu meringankan bahkan menyembuhkan penyakit ayan.

Penyakit Kulit
 kail.bayu
Daun ciplukan yang ditumbuk dan diberi sedikit kapur sirih dapat di gunakan untuk mengompres penyakit kulit seperti korengan.

Baca Juga
Bronchitis
Nah air rebusan tanaman ciplukan, dari kar, daun, dan batangya, dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru paru, khususnya bronchitis.
 kail.bayu
Bisul
Jika anda atau teman anda terkena bisul, silahkan kompres bisul tersebut menggunakan daun ceplukan. Jangan lupa tumbuh sampai halus terlebih dahulu.


Nah itulah manfaat buah cplukan dan pohonya. Meskipun memiliki khasiat yang sangat bermanfaat dan dipercaya mujarab. Jangan lupa konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

0 Response to "Ini dia MAnfaat Buah Ciplukan "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *