Pesona Pantai Siung di Gunung Kidul

Gunungkidul menawarkan banyak sekali pantai yang indah yang berpasir putih, salah satunya Pantai Siung. Pantai Siung merupakan sebuah pantai yang terletak di desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Untuk sampai di pantai Siung, setidaknya dibutuhkan dua jam waktu perjalanan dari pusat  kota Jogja, atau kurang lebih 80 km. Anda dapat menyusuri jalan wonosari untuk menuju jalan Baron jika anda dari kota Jogja.


rute, hotel, penginapan, camping area di pantai siung
Pantai Siung dari atas bukit

Di jalan Baron anda akan bertemu perigaan Mulo, silahkan anda belok ke kiri mengikuti petunjuk arah menuju pantai Siung. Di sepanjang perjalanan anda akan menemui petunjuk arah menuju pantai Siung. Jadi rutenya dari Mulo – Bintaos – Tepus – Purwodadi. Setelah itu anda akan akan bertemu tempat pemungutan retribusi pantai Siung.

Tiket masuk pantai Siung murah lho, hanya tiga ribu rupiah saja. Tentunya harga dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan pengelola pantai Siung.

Sesampainya pantai siung, anda akan disambut deburan ombak yang silih berganti menabrak batuan karang. pantai Siung memang menawarkan pesona hamparan pasir putih yang berpadu dengan batuan karang dan perbukitan di tepi pantai.

Di pantai Siung anda juga dapat melihat para nelayan beraktifitas. Di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan lho. Jadi anda dapat membeli ikan segar di sini atau menyantap masakan ikan laut di warung warung yang terdapat di pantai Siung.

Baca Juga

Pantai Siung memiliki batu yang unik dan batuan inilah yang menjadi asal mula nama pantai Siung. Ada sebuah batu yang cukup besar yang berbentuk panjang dan runcing seperti gigi taring kera.
lokasi batu fasilitas rute menuju pantai siung
batu berbentuk siung 

Maka dari situ lah, pantai ini mendapat nama pantai Siung. Dalam bahasa Jawa siung memiliki arti gigi taring.


Bagi anda yang hobi panjat tebing, sempatkan untuk mencoba jalu jalur panjat tebing di pantai Siung. Banyak sekali jalur yang patut anda coba dan menantang sembari menikmati keindahan pantai Siung.


Sejak tahun 2005 , secara resmi kawasan Pantai Siung menjadi lokasi khusus panjat tebing. Di tahun 2005, juga diadakan Asean Climbing Gathering di pantai Siung dan diikuti 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia.


Selain itu anda juga dapat naik ke atas bukit melalui jalan setapak jika anda ingin menikmati angin laut dan pesona pantai Siung dari atas.

Jika anda ingin menghabiskan malam bersama teman teman anda di tepi pantai, pantai Siung bisa menjadi pilihan yang tepat. Di pantai Siung terdapat camping ground  yang dapat anda manfaatkan untuk mendirikan tenda.

Namun bagi anda yang ingin menginap tanpa harus mendirikan tenda, di sekitar pantai siung terdapat beberapa penginapan juga kok.


0 Response to "Pesona Pantai Siung di Gunung Kidul"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *