Cara Menyimpan Senar dengan Benar

Halo kawan kailbayu, bagaimana hasil mancing anda kemarin? Meuaskan kan? Kali ini kailbayu akan berbagi tips cara merawat senar agar awet dan tidak rusak.

Anda tahu sendirikan apa akibatnya jika senar rusak? Ya mudah putus, tepat sekali.

senar kuat murah kolam sungai fresh water laut
ilustrasi
Agar senar selalu dalm kondisi bagus dengan kekuatan maksimal saat digunakan, diperlukan trik dan langkah khusus saat menyimpan senar tersebut, apalagi jika akan disimpan dalam waktu yang cukup lama.
 kailbayu
lalu apa saja sih tips menyimpan senar dengan benar, berikut ini kailbayu sudah merangkum triknya.

Gulung senar dengan ukuran penggulung yang besar

Jika anda ingin menyimpan senar yang berlum tergulung atau mengganti senar di spool reel dan senar tersebut masih akan anda gunakan lagi di kemudian hari, gulung senar dengan penggulung yang besar.

Jika penggulung sennar anda terlampau kecil, kemungkinan besar senar akan kusut. Hal ini berlaku jika anda menggunakan senar jenis monoline.

Gunakan gulungan senar dengan diameter cukup besar, minimal memiliki diamtere lima sentimeter, lebih besar lebih bagus.
 kail'bayu
Jangan Biarkan Terkena Sinar Matahari Lagsung

Jangan simpan senar di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat membuat senar menjadi rapuh. Kalau orang jawa bilang senar menjadi getas atau mbedhel.

Bukan hanya sinarnya saja lho, namun juga panas, baik panas matahari atau panas dari sumber lain sangat mempengaruhi kualitas senar pancing anda.

 Simpan senar atau kenur pancing dalam suhu ruangan, anda juga dapat memasukanya kedalam lemari.

Hindari Minyak

Minyak tanah, bensin, minyak goreng atau minyak lainya dapat mempengaruhi kualitas senar. Maka dari itu hindari senar terkena minyak.

Jika senar terkena minya segera cuci senar dan dicek, apakah senar masih normal atau tekstur dan warnanya berubah? Jika tekstur dan warnanya berubah, kualitas senar pun patut dicurigai, apakah masih kuat?
 k a i l b a y u
Bukan hanya itu saja, jika senar terkena minyak dalam penyimpanan cukup lama, maka bau minyak tersebut sulit dihilangan. Beberapa jenis ikan, mungkin malah sebagian besar ikan akan menjauh jika mencium bau minyak. So, hati hati dalam menyimpan senar.

Sekian tips dari kail bayu, untuk tips senar agar tidak mudah putus bisa anda baca di Penyebab Putusnya Senar dan Cara Mengatasinya


0 Response to "Cara Menyimpan Senar dengan Benar"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *