Ikan Kapas-Kapas

Ikan kapas-kapas, atau juga sering disebut dengan nama ikan kapas dan ikan kapasan meupakan salah satu jenis ikan laut konsumsi yang memiliki bentuk dan warna yang cantik. Ikan kapas-kapas memiliki nama ilmiah Geres punctatus.

Klasifikasi ikan kapas-kapas
Ordo           : Cypriniformes
Famili         : Characidae
Genus         : Geres

Spesies       : Geres punctatus
sumber gambar: https://novrizandimalaputra.files.wordpress.com/2012/03/index1.jpg

Mungkin anda pernah mendapatkan ikan ini saat memancing, namun belum mengetahui namanya. Di Jogja, ikan ini memang kurang begitu populer. Karena memang tidak begitu banyak ditemukan di sana.

Ikan kapas-kapas sebenarnya merupakan ikan laut, namun tak jarang ikan kapas-kapas memasuki kawasan muara sungai dalam mencari makan.

Ikan kapas-kapas termasuk jenis ikan dengan tubuh yang kecil. Rata rata ikan kapas yang terpancing memiliki ukuran tiga sampai empat jari saja.

Ikan kapas-kapas memiliki warna putih keperakan. Mulutnya kecil dan runcing serta matanya yang runcing membuat ikan kapasan nampak unik dan cantik. Ekornya bercabang dan sirip atas terdepan yang runcing dan panjang menambah kecantikan ikan ini.

Ikan kapas-kapas biasanya diolah menjadi ikan asin. Ikan kapas juga dapat dimasak dengan cara digoreng, disayur balado dan lain lain. Sebenarnya, ikan kapas-kapas memiliki rasa yang lezat lho.

Seperti yang saya bilang di atas tadi, ikan kapas kapas kurang populer menjadi target mancing di Jogja karena memang jumlahnya memang tidak sebanyak ikan bojor, taking, tombol dan lainya. Namun jika anda ingin memancingnya, anda dapat menggunakan rangkaian mancing bojor.
 baca juga :

Namun, karena ikan kapas-kapas bukanlah ikan tipe ikan yang menghabiskan waktunya di dasar air,  jadi rangkaian mancing ikan kapas-kapas menggunakan leader renteng yang lebih panjang. Sehingga umpan dapat melayang layang, tidak hanya berada di dasar air.

Gunakan mata kail dengan ukuran nomor satu atau dua, mengingat ikan kapas-kapas memiliki mulut yang kecil.

Jika anda memancing ikan kapas-kapas dimuara, anda dapat menggunakan joran tegek. Sensasi mancing ikan yang  cantik ini dengan joran tegek lebih berasa lho.

Anda dapat menggunakan udang sebagai umpan mancing ikan kapas-kapas. Namun, cacing lure dan undur undur genjuri lebih killer tentunya.

0 Response to "Ikan Kapas-Kapas"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *