Cara Menghadapi Perlawanan Ikan Besar dengan Senar Kecil



Mendapatkan ikan besar merupakan hal yang sangat di idam idamkan oleh para pemancing. Namun senar pancing putus karenang menghadapi ikan besar tentunya akan membuat para pemancing tidak bisa tidur. Apalagi jika baru pertama kali dimakan ikan besar atau sudah lama tidak mendapatkan ikan. mungkin rasanya seperti saat patah hati. Hehe..
Cara Menghadapi Perlawanan Ikan Besar dengan Senar Kecil tipis giant travelly caru kuwe gatho bawal ikan mas tombro majalaya lomba patin babon induk besa badot
ilustrasi- menghajar ikan


Senar atau kenur pancing seringkali putus karena senar yang digunkan terlalu kecil sehingga kekuatan senar tidak sebanding dengan kekuatan ikan. Ntah pemancing sengaja menggunakan sena kecil untuk mendapat sensasi atau karena faktor spot. Miisalnya saja mancing dari pinggiran pantai atau pasiran, para pemancing banyak yang hanya menggunakan senar berukuran 0.25 mm akan tetapi target mereka ikan berukuran lebih dari satu 5 kg. Padahal tarikan ikan bisa berkali kali lipat dibandingkan berat badanya, apalagi jika arus kencang atau ombak sedang besar.

Ada juga yang hanya sekedar ingin memancing ikan berukuran kecil, namun umpan disambar oleh ikan babon atau ikan berukuran cukup besar. hal tersebut seringkali membuat pemancing kaget dan harp harap cemas dalam mengahadpi perlawanan ikan.

Berikut ini merupakan tips tips menghadapi ikan besar dengan senar berukuran kecil.

Atur Drag

Atur drag pancing anda tidak lebih dari kekuatan senar. Saat menghadapi ikan berukuran besar cukup atur drag dengan kekuatan 30% hingga 50% dari kekuatan senar saja. Hal ini bertujuan agar senar dapat keluar dengan lancar dan beban yang ditanggung oleh senar tidak terlalu kuat namun ikan tetap terbebani.

Posisi Joran

Jangan sekali kali memposisikan joran secara horisontal atau bahkan menghadap kebawah. Posisi joran sebisa mungkin 450 . Hal ini untuk mengantisipasi gerakan dari ikan yang melawan secara membabi buta. Acton joran juga membantu meredam kekuatan ikan.

Sabar

Kesabaran sangat dibutuhkan ketika menghadapi ikan besar. jangan terlalu bernafsu dan ingin secepat mungkin ikan dapat diangkat kedaratan. Kita harus menyesuaikan dengan kekuatan senar yang kita gunakan.

Ketika ikan melawan secara membabi buta dan menarik senar terus menerus, biarkan saja dan tahan. Tentunya hal ini juga mengandalkan panjang senar yang anda gunakan. Semakin panjang senar semakin bagus. Namun juga harus memperhatikan spot lho ya. Semakin bersih spot memancing semakin leluasa anda menghajar ikan.

Saat ikan menarik senar dengan cepat, waspadai ikan berbalik arah. Jaga senar atau kenur pancing tetap tegang, jangan sampai kendor. Jika ikan berenang berbalik arah segera gulung reel pancing anda secepat mungkin.

Terus kapan kita harus menggulung reel? Saat ikan lemas atau berhenti berlari silahkan anda memompa joran dan menggulung reel, namun drag tetap diatur di bawah kekuatan senar. Karena biasanya ikan masih akan terus mencoba melarikan diri ketika kaget karena joran dipompa. Biarkan ikan berenang menjauh, dan cukup tahan joran pada posisi 450 . ulangi langkah diatas sampai ikan benar benar kelelahan dan dapat diangkat di daratan. Hal ini berlaku untuk di segala spot seperti tengah laut, pantai, muara, danau, sungai bahkan di kolam atau empang.

Jika anda memancing ikan di laut, pompa joran seirama dengan datangnya ombak. Jadi kekuatan ikan tidak bertambah karena efek dari ombak tersebut. Selain itu baik di sungai maupun di laut kita harus memperhatikan arus. Ikan yang berenang mengikuti arus tentunya kekuatanya akan bertambah.

Trik menghadapi ikan besar dengan senar kecil selanjutnya adalah  bawa ikan ke perairan yang lebih dangkal jika dipantai ya di daerah plataran. Anda juga bisa menggiring ikan agar melawan arus. Kekuatan ikan tentunya akan lebih cepat habis ketika melawan arus. Terutam bagia anda yang memancing di sungai, ikan dapat digiring agar melawan arus.
 baca juga:


Bagaimana cara membelok kan arah ikan? bagaimana cara menggiring ikan? Caranya adalah denga sedikit mengencakan spool dan menghentkanya pelan pelan. Ikan biasanya akan berbelok arah.

Namun senar putus bukan hanya faktor kekuatan juga lho. Gigi ikan yang tajam maupun spot yang berbatu atau penuh dengan benda benda tajam dan tumbuhan juga menjadi faktor utama mengapa senar pancing putus.

Tips yang tidak kalah penting adalah sediakan air tawar di dekat anda memancing, apalagi jika anda memancing di laut. untuk apa? Jika ikan menarik dengan cepat, line roller yang berputar dengan cepat akan menimbulkan panas. Oleh karena itu harus disiram dengan air agar tidak panas. Jika line roller sampai panas makan senar akan lebih mudah putus.


Semoga beruntung :D  jika ada tambahan silahkan ditambahkan. Dan silahkan share artikel ini :D

0 Response to "Cara Menghadapi Perlawanan Ikan Besar dengan Senar Kecil"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *