Ikan Toman – Ikan Predator yang Cantik


Mungkin, anda sudah tidak asing lagi dengan ikan gabus atau ikan haruan. Ikan toman merupakan ikan yang mirip dan masih bersaudara dengan ikan gabus. Nama ilmiah ikan toman adalah  Channa micropeltes.

Ikan toman merupakan ikan predator yang cantikum dan ikan hias, jadi jangan heran jika anda menjumpai ikan toman di toko akuar. Ikan toman memiliki banyak jenis dengan berbagai warna, akan tetapi ikan toman yang dijumpai di rawa maupun danau di Indonesia memiliki warna dasar hitam dengan motif berwarna putih, hijau maupun biru. Bagian perut ikan toman umumnya berwarna putih.

Ikan toman yang juga di kenal dengan nama ikan snakehead ini memang memiliki kepala yang mirip dengan ular. Dengan mulut yang lebar,  tubuh bulat dan semakin memipih ke ekornya membuat ikan toman dapat dengan mudah menerkam mangsanya.

Ikan toman memiliki kemampuan untuk menghirup udara atau bernafas di udara. Maka tak heran jika ikan toman dapat hidup di air yang kadar oksigenya sedikit atau terlihat berjalan di lumpur. Ikan toman memang mampu berjalan di daratan dengan jarak pendek, hal ini umumnya mereka lakukan untuk mencari air ketika habitatnya kekeringan.
mancing ikan toman
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Channa_micropeltes_2012_G1.jpg

Ikan toman juga memiliki gigi yang sangat tajam dan mampu tumbuh hingga panjang lebih dari satu setengah meter. Ikan toman dengan ukuran lebih dri satu meter tak segan segan menyerang manusia yang dia anggap mengganggu.

Ikan toman merupakan ikan teritorial, apapun yang masuk kewilayahnya akan di sambar jika dianggap menggagu atau menantang. Apalagi ikan toman yang sedang menjaga anak anaknya, akan lebih sangat agresif. Ikan toman memang menjaga anak anaknya sampai anaknya cukup dewasa untuk mencari makan sendiri.

Di habitatnya, makanan kesukaan ikan toman juga mirip ular air, yaitu katak. maka umpan andalan para pemancing toman adalah katak, dan tak jarang juga umpan para pemancing malah di makan ular. Selain itu ikan toman juga memangsa anak ikan, serangga dan hewan hewan berukuran kecil lainya.

baca Juga

Ikan toman menyukai perairan dengan arus tenang seperti di rawa dan danau. Ikan toman menyebar luas di negara negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Akan tetapi kini ikan toman sudah menyebar di dunia, sejak di pasarkanya sebagai ikan hias. Di beberapa negara, ikan toman di anggap sebagai ikan invasif dan ikan hama. Karena ikan toman memangsa spesies lokal di sana.


Ikan toman juga populer di kalangan pemancing, terutama para terutama para caster. Sambaran ikan toman yang akrobatik dan tarikanya yang sangat kuat serta sulit di taklukan, membuat ikan ini menjadi buruan para pemancing.


baca info menarik lainya di blog rekan saya http://sukkabacca.blogspot.com

0 Response to "Ikan Toman – Ikan Predator yang Cantik "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *