Ikan Baronang

Ikan Baronang (Siganus Sp.) merupakan salah satu jenis ikan laut yang termasuk famili Siginidae. Ikan beronang di kenal dengan banyak nama dan berbeda di setiap daerah. Di Pulau Seribu ikan baronang dikenal dengan nama kea-kea, di Jawa Tengah lebih akrab dipanggil ikan biawas. Sedangkan para nelayan di Pulau Maluku menamakan ikan baronang dengan sebutan samadar. 

Dalam bahas Inggris, Ikan baronang disebut rabbitfish. Dinamakan rabbitfish karena ikan baronang merupakan pemakan tumbuh-tumbuhan di laut (rumput laut) dan memakan tumbuhan tersebut dengan rapi seperti dipangkas mesin pemotong rumput kecil.


mancing ikan baronang
baronang angin- id.wikipedia.org

Baronang dapat ditemukan di perairan laut dangkal di Indo-Pasifik dan timur Mediterania. Ikan baronang merupakan salah satu ikan target pemancing, baik di laut maupun muara. Habitat asal ikan baronang memang di laut, tetapi ikan baronang sering kali dapat dijumpai di kawasan air payau atau muara sungai.

Pada situs https://id.wikipedia.org/wiki/Baronang yang saya akses pada saat artikel ini saya tulis, ikan baronang termasuk herbivora alias pemakan tumbuhan. Menurut saya sendiri ikan baronang merupakan pemakan segala atau omnivora, karena ikan baronang bukan hanya memakan umpan pemancing yang menggunakan umpan lumut. Akan tetapi cacing, udang, undur undur dan bom belanak juga ikut dimakan.

Panjang tubuh ikan baronang dewasa dapat mencapai 45 cm, tubuh ikan baronang membujur dan memipih lateral dan dilindungi oleh sisik-sisik berukuran kecil. Ikan baronang memiliki mulut kecil posisinya terminal. Rahang ikan yang juga disebut ikan kena kena ini dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Ikan baronang memiliki sebuah duri di punggungnya yang tajam dan mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulitnya. Duri-duri ikan baronang dilengkapi dengan kelenjar bias atau racun pada tiap ujungnya. Racun ikan baronang tidak mematikan bagi manusia dewasa, akan tetapi dapat menimbulkan rasa yang sangat sakit dan dapat berhari hari hilangnya.

mancing ikan baronang
baronang angin- id.wikipedia.org
Ikan baronang aman untuk di konsumsi meskipun memiliki duri pada siripnya yang beracun. Tak heran ikan baronang menjadi salah satu ikan target favorit para pemancing karena selain aman dikonsumsi, rasa dagingnya juga lezat.. Jika anda berniat memancing ikan baronang atau tanpa sengaja mendapat ikan baronang saya sarankan untuk behati hati. Gunakan kaos tangan atau kain saat memegang ikan baronang. Dan jangan sampai tangan tau ada anggota badan anda yang tertusuk duri ikan baronang.
.
Di Indonesia ada tiga jenis ikan baronang yang dapat dengan mudah ditemui, yaitu ikan baronang susu (Siganus canaliculatus), ikan baronang angin (Siganus javus) dan ikan baronang tompel (Siganus guttatus). Dari ketiga jenis ikan baronang tersebut, ikan baronang yang paling banyak ditemui adalah baronang susu(Siganus canaliculatus). Sebenarnya masih banyak jenis ikan barong lainya , antara lain baronang lada (Siganus stellatus), baronang kalung (Siganus virgatus), baronang batik (Siganus vermiculatus), baronang kunyit dll namun populasi jenis ikan baronang tersebut sudah langka dan sulit ditemui.



daftar pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Baronang

0 Response to "Ikan Baronang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *