Cara Memilih Spot Pasiran/Surffishing



Memilih spot memancing atau lokasi mancing pasiran memang susah susah gampang. Hamparan pasir yang luas terkadang membuat pemancing pusing mau mancing disebelah mana? Ada juga yang bilang, jika semua titik spot di pantai itu sama potensialnya. Tetapi pada kenyataanya beda.
spot pasiran yogyakarta

Memilih spot atau lokasi mancing pasiran/ surffishing harus kita sesuaikan dengan ikan target kita. Biasanya beda pantai benda ikan potensialnya. Misalnya pantai karangwuni terkenal dengan ikan gatho atau bawal bintang yang besar besar, sedangkan pantai tisik terkena dengan ikan surungnya. Jika bingung mau mancing di pantai mana, silahkan cari info ikan apa yang sedang ramai.


Jenis ikan target juga harus dipertimbangkan dalam mancing pasiran. Misalnya target ikan gatho dan ikan lawis atau giant travelly. Sebaiknya memilih pantai atau titik spot yang dalam, yaitu di lebeng. Lebeng merupakan bagian pinggir pantai yang dalam. Biasanya terlihat tenang dan busa lebih sedikit dari sekitarnya. Tapi jangan salah, biasanya arus lebeng sangat kencang walaupun tidak terlihat. Jadi jangan sekali kali mencoba berenang di lebeng. Ikan gatho dan ikan caru sangat suka berenang melawan arus dilebeng. Bahkan ikan gatho tidak jarang terlihat berenang sampai kepinggiran.

Untuk ikan dengan ukuran dibawah satu kilogram carilah daerah yang plataranya luas. Ikan bojor, tarling, jempolan, tombol dan urung biasanya berenang bergerombol di area plataran. Plataran yaitu daerah pantai yang sengal. Khusus untuk memilih spot ikan surung di pantai, pilihlah titik spot yang busa ombaknya banyak.

Ikan caru atau giant travelly  dan ikan luthok juga sering menepi di sekitar muara. Jadi pilihlah spot di sekitar muara dan terdapat lebeng yang dalam. Terutama jika anda memancing dimalam hari. Ikan caru dan ikan luthok tidak jarang akan memasuki area muara bahkan jauh menyusuri sungai.


Pilihlah spot yang bersih, karena sampah dapat merusak senar. Terutama ketika musim hujan tiba dan sungai banjir.

Selamat memancing dan semoga beruntung.

0 Response to "Cara Memilih Spot Pasiran/Surffishing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *