Cara Mancing Ikan Patin.



tips mancing ikan patin
Ikan Patin merupakan salah satu ikan yang memiliki harga yang cukup tinggi. Ikan patin  yang juga di kenal dengan nama ikan jambal termasuk ke dalam jenis ikan omnivora alias ikan pemakan segala, dan dapat hidup di danau, rawa, kolam maupun sungai. Selain itu sensasi tarikan ikan patin yang khas dan ukuran ikan patin dapat mencapai puluhan kilogram membuat banyak pemancing memburu ikan ini dan mencari cara memancing ikan patin berukuran besar.



Sebenarnya ikan patin memiliki karakter hampir sama dengan ikan lele. Yaitu aktif di malam hari dan cenderung mencari makan di daerah dasar. Jadi ketika memancing ikan patin usahakan posisi umpan berada di dasar air. Anda dapat menggunakan teknik dasaran atau menggunakan pelampung / kambangan. Walaupun anda menggunakan teknik ngambang usahakan umpan berada mendekati dasar air.

Ikan yang juga populer dipanggil ikan jambal ini biasa menghuni perairan sungai yang dalam. Perairan dengan arus yang tidak terlalu deras menjadi tempat favorit ikan patin mencari makan.

Kondisi air sangat mempengaruhi nafsu makan ikan patin. Ikan patin sukar untuk dipancing ketika kondisi air yang bening. Pada saat kondisi air seperti di butuhkan umpan racikan ikan patin jitu. Pada saat kondisi air agak keruh segeralah pergi mancing ikan patin, karena pada saat itu ikan patin sangat efektif di pancing.

Seperti halnya ikan lele yang aktif di malam hari, ikan patin juga lebih efektif di pancing di malam hari. Selain itu ikan ini juga galak ketika matahari terbit dan sesaat setelah matahari terbenam. Saat cuaca mendung juga merupakan waktu yang tepat untuk mancing ikan satu ini.

Sebenarnya nafsu makan ikan jambal atau patin ini bisa dikatakan mirip dengan ikan bawal. Sering berubah ubah, terutama jika anda memancing ikan jambal di kolam pemancingan. Saat ikan terlihat dan kita beri umpan di depanya belum tentu mau makan umpan yang kita sajikan tersebut. Maka dari itu anda harus sabar menanti ikan menyambar umpan dengan sendirinya dan membawa umpan lebih dari satu macam.


                                                      

Buah kelapa sawit konon menjadi umpan yang paling disukai ikan patin. Sayangnya di tempat saya sangat sulit untuk mendapatkan buah sawit sehingga saya belum pernah mencobanya. Selain itu cacing juga dapat digunakan sebagai umpan ikan patin. Di internet sudah bertebaran banyak sekali resep umpan mancing patin, di blog ini pun sudah ada anda tinggal mencarinya di kotak pencarian di atas.



Namun kesabaran anda akan terbaya dengan sensasi strike ikan patin yang muantap habis. Apa lagi jika anda berhasil menaklukan ikan patin dengan bobot puluhan kilogram. Ikan patin memang dikenal sebagai ikan yang pantang menyerah.

0 Response to "Cara Mancing Ikan Patin."

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *