Umpan Memancing di Air Keruh

Banyak yang bertanya, umpan apasih yang cocok untuk memancing di air keruh?
Apakah ikan mau makan di air keruh? apa ada  ikan saat sungai sedang banjir?

memancing di air keruh


Jawabanya Ya. Ikan mau makan ketika air keruh. Walaupun ikan jenis tertentu akan sangat sulit dipancig di air keruh. tetapi beberapa jenis ikan malah sangat efektif untuk di pancing. Ikan Mangar dan baramundi katanya susah dipancing di air keruh, tetapi menurut saya ikan mangar tau mangrov jack  akan sangat efektif di pancing saat air sungai keruh lalu bercampur dengan air laut pasang. Ikan betok atau papuyu sangat efektif untuk memancing ikan mangar pada saat kondisi air keruh seperti ini.

beberapa jenis ikan malah sangat efektif di pancing saat air keruh. Contohnya ikan sidat, kating, luthok, lele dan kerapu. Untuk tips memancng ikan sidat bisa klik di sini.  Ikan sidat akan aktif mencari makan ketika air keruh, begitu pula dengan ikan kating dan luthok. umpan yang sangat cocok adalah umpan yang memiliki aroma tajam, misalnya cacing unthel dan usus ayam.

Untuk cara memancing ikan belanak di air keruh cukup dengan membuat umpan dengan racikan yang wangi. Cara membuat umpan ikan belanak dapat ditemui di blog ini. Cara embuat umpan yang wangi cukup ditambah takaran essenya. lalu hindari umpan yang amis untuk target ikan belanak.

Untuk memancing ikan wader juga sama dengan cara memancing ikan belanak. yaitu dengan menggunakan umpanyang wangi atau memiliki bau menyengat.

berikut ini merupakan beberapa jenis umpan yang sangat jitu dan ampuh untuk mancing di sungai dengan air keruh.

Gendon
Gendon atau uret kelapa menjadi pilihan utama para pemancing sidat. Ikan sidat yang juga dikenal dengan nama pelus, lumbon, gateng dan belut moa sangat menyukai gendon. Apalagi saat kondisi sungai sedang keruh. Ya bisa dibilang, kesempatan umpan disambar ikan sidat berukuran besar terbuka lebar.

 Cacing Unthel

Cacing unthel memang memiliki bau yang khas dibandi jenis cacing lainya. Cacing unthel cocok untuk mancing ikan boso atau betutu, ikan sidat, ikan beles ikan gabus, ikan luthok, ikan lundhu , ikan baung dan masih banyak lagi. Selain mudah digunakan dan banyak jenis ikan yang menyukai cacing unthel, cacing unthel lebih murah dan lebih mudah dicari dibanding dengan gendon.

Umpan Kucur

Umpan kucur merupakan umpan fermentasi dari usus, atau usus yang dibusukan . umpan ini mengeluakan bau yang cukup menyengat, dan jangan heran jika anda mendapat banyak ikan baung atau sogo berukuran besar jika menggunakan umpan ini. Karena baunya yang menyengat dan dapat menembus sungai dengan air yang keruh, umpan ini akan membuat ikan datang berkumpul.

Usus

Walaupun usus sering digunakan u tuk bahan dasar umpan kucur, namun usus juga dapat digunakan sebagai umpan. usus tidak kalah jitu dengan cacing. Akan lebih bagus lagi jika usus yang digunakan belum dicuci dengan air, baunya lebih menyengat dan disukai oleh ikan.

Bagi anda pemburu ikan tawes beles atau bader, usus dan jeroan ikan lele sangat cocok. Apalagi saat sungai sedang banjir. Usus lele bisa menjadi pilihan utama jika akan mancing beles.

Tempe Busuk


Umpan racikan dari tempe busuk memang sangat cocok digunakan saat sungai sedang keruh. Namun sungai dengan arus tenanglah yang paling cocok. Jika arus terlalu kuat, umpan racikan dari tempe biasanya akan mudah hilang terbawa oleh arus yang deras.

0 Response to "Umpan Memancing di Air Keruh"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *