Tips Casting Ikan Gabus




 
memancing ikan gabus

Ikan gabus merupakan ikan predator asli Indonesia. Ikan gabus memiliki nama banyak nama, antara lain haruan, kocolan, delek, beyong, bale salo, snakehead, kutuk, licingan dan lain lain.  Ikan ini dapat kita jumpai di rawa,danau, waduk, sungai, parit maupun persawahan. Air yang tenang dan penuh dengan tanaman air seperti kangkung, padi, enceng gondok dsb sangat disukai oleh ikan ini.

Terkadang ikan.gabus dianggap sebagai hama kolam, karena ikan akan memakan bibit ikan. Padahal  Ikan ini memiliki ekonomis dan kandungan gizi tinggi. Kandungan albumin yang tinggi akan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Dalam artikel ini saya akan berbagi tips casting ikan gabus. Tehnik casting juga efektif untuk memancing ikan gabus yang terdapat dikolam.

Untuk peralatan, anda dapat menggunakan rell bc atau rell spinning dengan ukuran 200-3000. Rell dengan ukuran lebih besar kurang nyaman untuk digunakan. Panjang joran menyesuaikan spot antara 120 cm – 210 cm. Joran yang panjang memudahkan kita untuk melempar dengan jarak yang jauh, sedangkan joran yang pendek memudah kan kita dispot yang penuh dengan semak atau pepohonan.
Umpan tiruan yang digunakan sebenarnya bebas, karena ikan ini akan melahap segala jenis umpan palsu. Pemilihan jenis umpan juga menyesuaikan spot. Spot yang penuh dengan tanaman liar dan kayu lebih efektif menggunakan umpan softfrog untuk mengurangi resiko tersangkut. Untuk air tenang, bebas dari tnaman liar dan dalam, anda dapat memilih umpan spinner bait atau buss bait untuk meningkatkan potensi strike. Anda juga dapat menambahkan propeler atau spinner pada umpan anda. Umpan jenis jumfrog sangat efektif untuk ikan gabus berukuran besar.

Pemilihan warna juga sangat berpengaruh dalam casting ikan gabus. Ikan gabus menyukai warna yang mencolok. Seperti hijau muda, oranye dan merah terang. Di diamkan saja gabus akan menerkam umpan tersebut. Umpan dengan cat fosfor akan efektif ketike petang, pagi hari dan ketika air keruh

Lempar umpan di belakang ikan gabus, jangan di depanya. Karena ikan gabus akan takut jika kaget. Walau terkadang malah langsung menerkam umpan yang jatuh di depanya. Jatuhkan umpan sejauh mungkin, jadi posisikan diri kita sejauh mungkin dari titik tujuan. Agar ikan gabus tidak merasa terganggu dengan kehadiran kita.

Untuk perairan yang tidak terdapat tnaman air maupun kayu atau penghalang sejenisnya, lempar umpan di titik terdalam lalu tarik / retrieve  menuju perairan dangkal. Biasanya ikan gabus akan menerkam di tempat yang dangkal. Jika sungai tidak terlalu besar, anda cukup memainkan umpan menyusuri bagian tepi sungai. Mainkan umpan secara bervariasi, cepat- pelan aatu  stop and go untuk membuat gabus penasaran.

Waktu yang tepat untuk casting ikan gabus adalah ketika senja, pagi hari maupun ketika sedang mendung. Kondisi air juga sangat berpengaruh. Ikan gabus akan ganas ketika air agak keruh.

0 Response to "Tips Casting Ikan Gabus"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *