Penyebab Putusnya Senar dan Cara Mengatasinya

Seringkali kita di buat jengkel karena senar putus. Ya banyak sekali faktor penyebab putusnya senar yang sebenarnya dapat kita hindari. Ok langsung saja berikut beberapa faktor penyebab putusnya senar dan bagaimana cara mencegah agar senar tidak putus.

cara agar senar tidak putus


Ikan Besar 

Ya ikan besar merupakan alasan klasik ketika senar putus. Sebenarnya senar putus akibat ikan yang besar dapat dicegah dengan menyesuaikan piranti dengan ukuran ikan target. Terutama ukuran dan kekuatan senar yang digunakan untuk memancing. Tetapi bagi pecinta surf fishing seringkali ukuran senar menjadi kendala, karena jika terlalu besar akan sangat berpengaruh karena faktor angin dan gelombang. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan senar yang panjang dan atur drag sesuai kekuatan senar. Tentunya mencegah senar agar tidak putus dengan cara ini juga membutuhkan kesabaran.

Senar Kusut

Jika senar kusut maka otomatis kekuatan senar akan berkurang. Selain memang beberapa merk senar mudah kusut, terdapat banyak faktor eksternal yang mempengaruhi senar kusut. Apa lagi ketika senar sampai membentuk simpul simpul(biasanya pada leader ketika surffishing) kekuatan senar akan berkurang sangat drastis. 


Drag mati

Ya banyak pemancing pemula yang tidak mengerti fungsi drag. Umumnya para pemancing pemula akan mengatur drag pada posisi mati, padahal hal ini bukan hanya senar yang putus jika disambar ikan akan tetapi pancing akan ikut masuk kesungai jika senarnya cukup kuat. Jika memancing di tepi jurang, misalnya rock fishing, resiko pemancing tercebur pun besar.

 Simpul 

Ya seringkali simpul dianggap sebelah mata, padahal simpul pada kail maupun swivel yang asal asalan akan mengurangi kekuatan senar. Agar senar tidak putus karena faktor ini, buatlah simpul dengan benar.

Gigi Ikan

Beberapa ikan memang memiliki gigi yang cukup tajam, seperti bawal, giant Trevally, tengiri , dll. Hal ini dapat kita atasi dengan memberi beberapa centimeter pe atau neklin pada leader. Untuk jenis ikan seperti giant Trevally yang bukan hanya giginya yang tajam akan tetapi ekornya juga mampu memutus senar. Dianjurkan leader menggunakan neklin. Neklin dapat mencegah putusnya senar dimana gigi ikan akan berhadapan dengan neklin yang notabene terbuat dari logam.

Spot Berbatu 

Ya hal ini paling sulit diatasi. Pemilihan senar sangat berpengaruh dalam hal ini. Pilih senar dengan kekuatan dan ukuran yang besar selain itu juga yang tahan terhadap gesekan. Dan sebisa mungkin ikan jangan sampai berenang kearah bebatuan.

0 Response to "Penyebab Putusnya Senar dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *